Perayaan Kemerdekaan RI ke-75 Ala PR IPNU-IPPNU Kedungturi


(Rabu, 26/08/2020). Saat ini, perayaan Hari Kemerdekaan sangatlah berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sejak datangnya wabah pandemi Covid-19 di Indonesia. Sejumlah lomba maupun event tahunan untuk mengisi kemerdekaan ini ditiadakan guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Namun tak selamanya berhenti begitu saja, banyak ide-ide kreatif dan inovatif dari kelompok muda milenial yang tetap produktif dan aktif dengan aman di tengah pandemi Covid-19 sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa Indonesia.

PR. IPNU-IPPNU Kedungturi misalnya, dalam rangka HUT RI ke-75, Lempers (Lembaga Pers) gelar "Lomba Menulis Berita" yang berhadiah total ratusan ribu rupiah. Lomba ini bertemakan "IPNU-IPPNU Kedungturi Dalam Berita". Sesuai dengan tema, kegiatan ini bertujuan mengajak para kader-kader muda milenial NU, khususnya Rekan-Rekanita IPNU-IPPNU Kedungturi untuk berbagi hal yang inspiratif seputar kegiatan yang berada dalam ranah Pimpinan Ranting tersebut.

Diadakannya kegiatan ini tentu saja bukan hanya sekedar untuk ajang lomba, tapi juga sebagai wadah pengembangan minat dan bakat dalam bidang jurnalistik yang bertujuan untuk mengasah kemampuan menulis berita dan informasi yang benar dan faktual serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Seperti yang pernah diucapakan oleh salah satu anggota Lempers di suatu Warung Kopi "wong iso nulis berati utek lan omongane iku sinkron, yen ono wong pinter omong tok, tapi gaiso nulis iku durung iso diwara pinter". Dari celotehan itulah gairah dan semangat untuk berkarya kembali berkobar.

Durasi dalam pengiriman berita ini akan berlangsung selama 2 minggu, yaitu mulai tanggal 17 Agustus sampai 30 Agustus 2020, paling lambat pukul 23.59 WIB. Sebagai bahan rujukan dalam perlombaan ini adalah artikel yang dimuat di laman web https://pripnuippnukedungturi.blogspot.co.id. Di dalam web tersebut terdapat 2 contoh berita yang menceritakan tentang pemberian Reward dari PAC. IPNU-IPPNU Taman dan Kegiatan Bedah Film Sang Kiai. 

Dalam perlombaan ini, tulisan yang dikirimkan melalui alamat email ipnuippnukedungturi@gmail.com akan dinilai dan dikomentari langsung oleh Ketua PAC. IPNU-IPPNU Taman, yakni Rekan Rohmat Hidayatullah, S.Pd., dan Rekanita Aisyah Nur Afifah Maulidyah. Selain sebagai Ketua, mereka juga seorang aktivis di bidang akademis. Maka merupakan kesempatan emas bagi Rekan-Rekanita IPNU-IPPNU Kedungturi untuk menunjukkan bakatnya dengan hasil karya terbaik mereka. 

Meskipun wabah ini belum berakhir, dan kita pun tidak tahu kapan berakhirnya, kita sebagai generasi muda tentunya harus tetap berkontribusi aktif dan produktif untuk bangsa ini. Ingat, jasa para Pahlawan kita yang telah berjuang antara hidup dan mati untuk membela tanah air. Oleh karenanya di suasana kemerdekaan RI ke-75 ini, mari kita hiasi negeri ini dengan karya positif terbaik kita, dan tak lupa mendoakan jasa para Pahlawan dan Ulama kita yang telah gugur demi mempertahankan bangsa Indonesia ini. 

Dirgahayu Negeriku, jayalah selalu Indonesiaku. Tetap patuhi protokol kesehatan untuk Indonesia semakin maju dan merdeka dari jajahan wabah pandemi Covid-19 ini. Merdeka!


Penulis: Rekan Mohamad Muhaiminul Aziz

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan PR IPNU IPPNU Kedungturi menginjak angka 7 tahun setelah vakum

PR. IPNU-IPPNU Kedungturi Mendapatkan Reward dari PAC. Taman pada Acara MSAD

Raker Sebagai Langkah Awal Kepengurusan Pimpinan Ranting (PR) IPNU IPPNU Kedungturi Periode 2022-2024